• 23

    Jun

    Budaya Membaca, Antara Harapan Dan Tantangan..

    Hari ini hari pertama di long weekend yang 3 minggu itu. Bosan, menyetel televisi nggak ada yang bagus. Chanel ini sinetron Korea, yang satu lagi sinetron Indonesia. Dalam ke2 sinetron itu saya sempat berfikir, ada perbedaan dalam 2 sinetron tersebut. Kisah? pasti sudah berbeda. Ada yang lebih berbeda lagi. Saat itu, adegan dalam sinetron Indonesia sedang dalam kamar tokoh utama. Kamarnya megah kebangetan, mewahnya sangat, tapi sayang, nggak terlihat rak buku disana. Sedangkan di Korea sendiri, disana juga adegan dalam kamar. Bedanya, disana design kamarnya sederhana. Ditambah lagi, buku bertebar dimana-mana. Ngeliatnya asyik aja gitu. Nggak bermaksud membeda-bedakan, cuma ya lucu saja. Di Korea dan di Indonesia sama-sama menerapkan rasa “Cinta Buku” dan “G
  • 8

    May

    Pertahankan Budaya Gotong Royong..!!

    Disaat waktu-waktu sekaran sedang heboh membicarakan KPK dan E-KTP saya malah mau membahas soal gotong royong. Ayolah, beragam sedikit tak apa kan? ^^ Gotong royong. Sebuah sikap yang menggambarkan kerja sama yang luar biasa. Gotong royong, dulu adalah bagian dari masyarakat yang sangat erat. Sekarang, mungkin hampir punah. Bukan punah sih sebenarnya, udah jarang banget kali ya. Untuk lingkungan pedesaan sih masih ada. Cuma, kalau di Kota kira-kira masih ada nggak ya? Gotong royong biasanya sering dilakukan oleh masyarakat-masyarakat sekitar. Seperti kerja bakti, bangun rumah, atau bangun fasilitas untuk masyarakat bersama-sama. Sekarang, hal tersebut bisa dibilang sudah jarang jika di perkotaan. Uang menggantikan semuanya. Nggak hanya uang, manusia-manusianya juga kadang harus ̶
  • 7

    May

    Jangan Pernah Menghilangkan Rasa Peduli Pada Budaya Musik Indonesia!!

    Musik, apa yang terbayang dalam benak kita saat mendengar kata musik? Nada, lagu, penyanyi, alat musik dan sebagainya. Itu pasti. Nah, sekarang kalau kita membayangkan tentang Musik Indonesia! Apa yang terbanyang? : dangdut, Solois, duo, trio, grup, boyband, girlband, nasyid, apa lagi? Banyak dong ya pasti ^^ Nah, sekarang saya mau membahas tentang permusikan di Indonesia. Jaman sekarang, musik indonesia apa saja sih yang terlihat dan sering terdengar? Pop, rock, jazz atau…. dangdut? dan penyanyi di Indonesia yang lagi sering booming di Indonesia jaman sekarang itu apa? Mungkin, boyband & girl band kali ya. Terus juga ada Idol group, penyanyi dangdut, solois, duo dan sebagainya. Jaman sekarang, Indonesia sedangterkena virus budaya dari negeri seberang. Mulai dari ber
  • 21

    Apr

    Indonesia : Pencetak Perempuan-perempuan Tangguh..

    Sebelumnya, saya menuliskan tentang Indonesia negara paling tangguh. Sekarang, bertepatan dengan hari kartini, hari para perempuan Indonesia, saya akan menulis sedikit coretan tentang perempuan. Selamat menyimak :) Indonesia, dari dulu hingga sekarang. Masih tetap mencetak perempuan-perempuan tangguh dan berjasa. Dulu, Indonesia mencetak dan membangkitkan . Indonesia mencetak mereka, Mereka adalah : Butet Manurung Cut Nyak Dhien Cut Nyak Meutia Dewi Sartika Dita Indah Sari Emmy Hafild Gadis Arivia Johanna Masdani R.A Kartini Lily Zakiyah Munir Malahayati Maria Walanda Maramis Marsinah Dan masih banyak lagi pahlawan-pahlawan perempuan di Indonesia. Bisa baca selengkapnya dalam sini Sedangkan masa kini, perempuan pejuang itu semakin banyak.
  • 20

    Apr

    Puisi Untukmu, Kartini..

    Puisi ini berniatkan dan terisi dalam acara menyambut dan menghormati hari Kartini. Semoga Kartini yang beresejaran, dan Kartini-kartini lainnya (Para Ibu) bisa merasakan sosok Kartini lebih dalam lagi… “Puisi Untukmu, Kartini..” Daku mengenalmu dalam masa-masa bangku sekolah. Dikenalkan dalam bentuk sketsa wajah.. Dikenalkan dalam bentuk orasi-orasi mu.. Kau, pembangkit jiwa-jiwa perempuan Indonesia.. Kau tau wahai wanita bersejarah? Kini, ku telah dapatkan sosok yang menjadi cermin dirimu. Beliau juga berorasi sepertimu.. Beliau berorasi dalam lika-liku kehidupanku.. Beliau membangkitkan, sama sepertimu.. Bedanya engkau dengannya adalah, engkau terpampang nyata dalam imajinasi dan hatiku. Beliau terpempang nyata dalam hati, mata dan masa depanku. Kau melawan pe
  • 7

    Apr

    Budaya : Ciri Khas Bangsa Yang Mulai Terlupakan..

    Hari ini mau membahas soal budaya. Terinspirasi dari salah satu tweet yang berbunyi : ” Bentar lagi juga budaya bakal punah. Lah, masyarakat sama pemerintah udah jarang lirik ” . Mungkin benar, cuma nggak semuanya kok :) Disini Fathia mau bahas budaya dalam 2 sisi pandangan. Lebih ke Indonesianya dan ke masyarakatnya. :) Dalam sisi pandangan lebih ke Indonesianya : Indonesia kaya akan budaya, itu sudah pasti dan terbukti. Sekarang dan selamanya Indonesia akan tetap menjadi negara paling kaya budaya. Mulai dari Rumah adat sampai film. Semuanya Indonesia punya. Cuma, ada yang kurang. “Lah? Indonesia kurang apanya sih?” . Indonesia kurang mempertahankan saja. Selama ini Indonesia akan ribut jika budayanya di klaim oleh negara lain lalu risuh. Tetapi kenapa h
  • 30

    Mar

    Catatan Perjalanan : Wisuda Akbar 4 di Senayan...

    Hari ini melelahkan. Sangat. Agenda Fathia hari ini adalah menjadi peserta di Wisuda akbar 4 yang diselenggarakan di senayan. Acara yang ber-ema kan “One day One juz” atau “One day one ayat” ini di kunjungi ribuan orang. Lautan manusia Fathia jumpai disana. Para penerus bangsa berkumpul disana.. Keren.. Bintang tamu yang di datangkan oleh Ust. Yusuf Mansur juga membuat banyak manusia menoleh penasaran dan keinginan yang besar untuk ikut kesana. Bayangin aja! Tokoh/ulama besar dari nasional sampai internasional ada disana. Apa lagi ada Imam besar Syeikh Ghomidi juga datang! Gimana nggak penasaran? Bintang tamu nya aja tokoh besar. Jarang-jarang. Tetapi sayangnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tidak hadir. Padahalkan geneari penerus bangsa berkumpul d
  • 26

    Mar

    Indonesia : Negara paling Tangguh..

    Negara paling tangguh. Entah, kenapa malam ini ingin membuat tulisan tentang Indonesia Tangguh.. Semua orang juga menurut Fathia merasakan nya. Bumi pertiwi ini memang benar-benar tangguh.. Cobaan, Bencana alam, jajahan, sampai anak bangsa yang berpaling mencintai negara lain dari pada negara sendiri.. Miris.. Kita awali tulisan ini dengan Cobaan-cobaan yang menimpa Bumi pertiwi yang tercinta ini.. Cobaan nya apa? Sifat-sifat penduduk yang bener-bener kebanyakan lebih bikin malu negara ini.. Para Koruptor, teroris, dan teman-teman nya itu yang membuat nama Indonesia tercoreng.. Ibarat seperti manusia, Negara ini juga butuh perlakuan yang baik. Lalu, bencana-bencana alam.. Indonesia itu kuat ya, banyak banget di timpa bencana tapi tetep tangguh, masih kuat, masih tegar.. Banjir, gem
  • 25

    Mar

    Menilai sebuah Bangsa dari cara Menghargai nya..

    Cara menghargai, itu bisa menjadi cemin sebuah bangsa.. Jika cara bangsa kita tepat dalam cara menghargai, maka sukses lah bangsa itu. Kok bisa? Sebaliknya, Penghargaan yang tidak seimbang, tidak sepantasnya, tidak patut atau tidak adil menjadi pertanda bahwa Bangsa itu sedang Sakit. Apa sih maksud penghargaan yang nggak seimbang? Kurang adil membagi hadiah atau apa? Bukan! Fathia terpacu untuk menuliskan hal ini saat mengamati acara TV. Acara reality show yang banyak membagi-bagikan uang dengan gampang nya.. nggak ada salahnya sih, itu memang hak penyelenggara acara. Cuma, menurut Fathia sih itu nggak berperikemanusiaan. Eh, bukan ding. Nggak apa ya? Nggak bisa di bilang bagus. Bisa di bilang nggak seimbang dengan keadaan.. Kenapa bisa melakukan hal-hal bodoh mendapat uang yang banyak?
  • 19

    Mar

    Saya Bangga Ber-Bahasa Indonesia..

    Kami Putra dan Putri Indonesia. Menjunjung Bahasa persatuan, Bahasa Indonesia. Itu bunyi isi Sumpah Pemuda ke-3. Bener kan? Fathiya disini mau mengulas kembali tentang ke-pribadian Masyarakat Indonesi juga. Termasuk Fathiya.. Fathiya disini juga mau menanyakan sesuatu deh.. Apa coba? Nanti di ujung tulisan ya.. hehe Bahasa adalah salah satu ciri khas suatu daerah atau negara.. Kita kan orang Indonesia, pasti nya menggunakan bahasa Indonesia dong. Cuman, ada kasus yang menurut Fathiya sendiri nggak begitu bisa di pahami nih.. Apa kasus nya? “Banyak Masyarakat Indonesia yang lebih bangga menggunakan Bahasa Asing dari pada Bahasa Indonesia sendiri..” Fathiya nggak ngada-ngada loh. Mau dikasih contoh? Oke, Fathiya kasih. Fathiya punya banyak teman. Nah, banyak dari teman
- Next

Author

Follow Me