Memulai Adalah Yang Paling Terpenting..

13 Sep 2013

Untuk menjadi apapun yang kita inginkan, semuanya dilakukan dengan memulai. Tanpa memulai, apapun itu nggak akan terjadi. Bahkan, bernafas saja kalau kita tidak mau memulai menghirup oksigen memang bisa? Sama halnya dengan menulis, meliput, melukis atau apapun itu, jika tidak dimulai ya kapan mau terwujudnya?

Dalam memulai, nggak semua “memulai” itu gampang. Banyak loh “memulai” yang susah sampai harus benar-benar percaya diri dan siap tanggung resiko apapun. Seperti dengan orang-orang yang berani memulai menulis dan mempublishkannya di blog. Nggak semua orang berani loh. Kenapa? Kok nggak berani? Karena rasa takut dinilai orang lain jelek itu pasti ada. Rasa takut tulisan garing atau nggak dibaca orang itu ada. Pasti ada. Makanya, banyak yang ingin menjadi penulis tapi gagal dalam ujian tersebut. Berani dikritik sampai di judje tulisannya. Atau juga, berani nulis sebanyak apapun meski nggak punya pembaca (kalo ini nggak mungkin).

Selain menulis, membisnis juga nggak semua orang bisa atau mau memulai bisnis tanpa ada hasil yang pasti. Banyak orang yang ingin membisnis tapi takut rugi banyak sampai bahkan, takut miskin. Biasanya, type-type orang yang yang takut memulai atau takut terjadi suatu hal yang gagal menurut saya adalah orang yang selalu ingin berada di zona aman. Takut dapat hasil jelek saat mencoba dan inginnya semuanya pasti, langsung jadi dan kita nerima hasil yang positif semua. Seperti pujian, royalti dan sebagainya.

Kata orang bertawi ” maap-maap kate nih ye,” kalau orang seperti itu biasanya jaraknya masih jauh dengan keberhasilan yang luar biasa. Masih jauh dengan dolar-dolar yang makin tinggi dari rupiah dan sebagainya tuh :p

Disinilah peran penting memulai tersebut. Tanpa memulai, tanpa berani menanggung resiko, menurut saya yang dapat memulai dan melakukan hal-hal hebat seperti itu adalah cerita yang nantinya akan menginspirasi orang lain dan membuat kita berkata saat sukses “Gue dulu pernah nggak punya apa-apa,”

Itulah hebatnya orang-orang yang berani memulai melakukan apapun. Tanpa ada gengsi yang menjadi alasan dasar tidak mau memulai, udah deh! Kelaut aja! Jangan mampasi masa muda penuh gengsi! Gengis nggak akan berguna apa-apa. Cuma nyelametin dari ejekan temen? Think again..

Sekian, salam pena!


TAGS


-

Author

Follow Me