Kopdar Blogger Nusantara? Jadi Anak Alam Di Lembang, Bandung Saja..

2 Sep 2013

Selama ini, kita biasanya berdiskusi atau berkomunikasi dengan sesama blogger menggunakan dunia online. Entah itu diskusi di Email, chatting YM atau Facebook atau juga mention-mentionan di twitter. Karena kecintaan para blogger sama, menulis. Maka, secara tidak langsung para blogger selalu mencoba belajar dari blogger yang lain. Entah itu dengan saling komentar di blog yang lain dengan memperhatikan EYD yang salah, atau juga saling memberi saran saat saling bertanya : Bagusnya, nulis apa ya saya? . Selain itu, tak jarang para blogger saling memberi pujian satu sama lain tentang betapa hebat dan bagusnya cara mereka mengungkapkan sesuatu dalam tulisan.

Jika dipikir-pikir, sepertinya mengadakan Kopdar sesama blogger nggak ada salahnya dan nggak ada ruginya ya. Sebelumnya, Blogger se-Nusantara kan pernah mengadakan kan ya? Sayang sekali pada saat itu saya tidak bisa mengikutinya. Saya hanya bisa ikut bahagia dengan cerita-cerita para peserta kopdar pada saat itu.

Jika ditanya, seberapa penting bagi para blogger untuk mengadakan kopdar atau kopi darat tersebut? Menurut saya sendiri, penting. Kenapa? Karena, dengan adanya kopdar tersebut, para blogger menjadi makin semangat mengembangkan cintanya terhadap dunia “ketik mengetik” atau tulis menulis tersebut. Kenapa?

Kenapa? dengan adanya kopdar, para blogger memiliki banyak suatu hal yang baru. Mulai dari teman-teman baru, sumber ide yang baru, dan tempat berdiskusi yang baru. Karena, di acara kopdar tersebut, kita nggak Cuma bertemu satu hingga 5 orang. Dari 33 propinsi, para blogger berkumpul dan itu Amazing banget pasti. Selain itu, semangat untuk menjadi blogger semakin bertambah. Gimana semangat nggak semakin bertambah? Toh, rasanya memiliki keluarga baru, keluarga blogger, pastinya menambah semangat besar. Karena, para blogger memiliki rasa, bahwa mereka bisa berbagi dan bermanfaat bagi manusia yang lain.

Sebelumnya, saya berterima kasiiihhh sekali kepada pengada #30HariNonStopNgeBlog Oleh admin DbloggerCommunity dan Admin blogdetik, dan juga para peserta yang berjumlah ratusan. Terimakasih karena meramaikan dan melatih para blogger agar bisa menulis setiap hari. Sependengar dan setahu saya, jika kita melakukan suatu kegiatan selama 21 hari, maka itu bisa menjadi kebiasaan dan menjadi rutinitas kita sehari-hari. Jadi, agenda atau kontes #30HariNonStopNgeBlog adalah latihan untuk bagaimana caranya kita bisa menulis setiap hari dan mengumpulkan ide tulisan setiap harinya. Juga, terimakasih karena headline blog detik hampir setiap harinya berganti, dan itu membahagiakan :D

Peserta yang begitu banyaknya membuat banyak kemungkinan terjadi. Salah satunya adalah mengadakan kopdar bareng peserta #30HariNonStopNgeBlog bersama Blogger nusantara diadakan. Memungkinkan? Tentu saja. Apalagi jika Tuhan mengijinkannya itu terjadi.

Hmm, kopdar ya? Kira-kira kalau Blogger se-nusantara mengadakan kopdar lagi kira-kira kapan ya? Jika soal waktu, pasti semuanya berfikir untuk mengambil jatah hari liburan nasional aja. Hari liburan? Bisa. Tetapi, biasanya banyak tempat-tempat bagus yang penuh jika liburan datang. Mungkin jika tidak hari minggu tanggal sekian, bisa saja ambil hari libur akhir tahun saja. Kenapa harus hari libur nasional atau pada hari minggu saja?

Simple jawabnya. Soalnya, libur nasional dirasakan oleh masyarakat se Indonesia, dan memungkinkan bahwa akan banyak yang bisa hadir. Jika hari minggu namun bukan pada saat libur panjang, bisa juga. Minggu pada liburan sebiasanya, tempat-tempat tak sebegitu ramai dibandingkan dengan hari libur nasional. Kecuali, jika kopdar mau diadakan di daerah gedung besar atau aula besar (soalnya bisa disewa). Tapi, nggak asyik ah kalau Cuma bertemu keluarga blogger digedung. Lebih asyik kalau berbaur dengan alam juga :D

Alam! Yup! Jika Blogger se-Nusantara mau mengadakan kopdar, saya sarankan harus berbaur dengan alam. Harus jadi anak alam. Hehe
Kenapa? Rasanya berbaur dan menyampur dengan alam itu, sensasinya susah dilupakan. Serius deh!

Dimana? Saya sarankan didaerah Lembang, Bandung. Bisa ke Maribaya atau Floating Market Lembang. Suasananya Alam banget! Ditambah, tampilannya bisa menghipnotis. Kenapa harus di Bandung? Karena, sepertinya menurut Fathia sendiri akses lebih gampang ke Jakarta atau Bandung. Tempatnya juga nyaman jika dijadikan ajang kopdar. Yuk ah! Lembang jadi the next tempat Kopdar Blogger se-Nusantara :D

Selain jadi Anak Blogger, kita juga bisa jadi Anak blogger sekaligus anak alam :D

MARIBAYA, LEMBANG, BANDUNG.

FLM, LEMBANG, BANDUNG

Sekian, salam pena!

Fathia Asyafiqah


TAGS


-

Author

Follow Me